February 06, 2011

Tahun Baru Cina

Haloo selamat pagi semua,,
pagi" w uda buka internet,, buat nge-blog keburu lupa mau nulis apa soalnya,,hehehehe,,

Kemarin, hari Sabtu sore tanggal 5 febuari 2011,, w n keluarga pergi ke gereja,,, misa jam 17.30,, tapi kami nyampe jam 5sore,, berhubung nyokap tugas nyanyi,, jam 5 nyampe di gereja itu uda rame banget,, nuansa gereja merah-merah semua,, gonjreng banget pokonya,, banyak anak" kecil perempuan yang pake cheongsam,, gak cuma anak",, beberapa ibu"nya juga pake cheongsam,, banyak lampion", petasan, dll yang serba merah,, ternyata misa sabtu sore itu,, misa Imlek sodara-sodara,, misa dalam rangka menghormati sodara" kita yang beragama Katolik yang juga merayakan Imlek,, mayoritas umat yang datang misa itu juga orang" keturunan Cina..

Masuklah w kedalam gereja,, nuansa Imlek semakin berasa,, misa dimulai,, diawali dengan arak"an anak" kecil keturunan Tionghwa, mereka masuk sambil menyanyikan lagu mandarin,, lucuuuuu bangettttt,, pake cheongsam, rambutnya digelung keatas, bawa bunga mei hwa, sambil bernyanyi,, mereka menyanyikan 3 lagu dalam bahasa mandarin, menarik! setelah selesai, Romo atau pemimpin misa masuk,, gak tanggung" 2 romo yang memimpin misa pun keturunan Tionghwa,,ahahahe,, lagu" koornya pun yang mendayu-dayu ala orang cina,,hehehe,, bagus!

Waktu kotbah, Romo bilang kalo kita semua ini adalah orang-orang keturunan China,, mau yang jawanya kaya apa,, mau yang bataknya lekoh,, tetep kita itu ada keturunan orang cinanya,, karena awalnya bangsa Yunan yang masuk ke Indo beribu" tahun yang lalu,, tapi mungkin bagi yang suku jawa, sunda, dan sebagainya,, keturunan itu perlahan hilang dan lebih identik ke suku asli Indonesia,, karena nenek moyangnya gak ngelanjutin keturunannya,, bayangin ajja itu 2500 taun yang lalu,, yaa begitulah kata Romo,,

Akhirnya w ngerti,, w sendiri bukan cina,, tapi dari SD sampe SMA w sekolah di sekolah swasta yang mayoritas anak"nya adalah keturunan cina,, jadi w emang banyak bergaul dengan orang" sperti itu,, dan terlihat sangat jelas perbedaannya,, w item,, temen" w putih sipit",, hahe,, tapi waktu itu w gak pernah mikir kalo kami beda suku beda keturunan,, yaa sama" ajja lah orang indonesia,, temen" w waktu itu pun baik",, jadi yaa hepi" ajja,, gada masalah apa",,
dan bukti bahwa w juga disama ratakan sama semua temen" w yang keturunan adalah sama adek" kelas,, w dipanggil CICIK, ato jie jie (gitu tulisan cinanya kayanya,,heheh,,) yang artinya kakak perempuan,, hahahah,,kocak bangettt,, padal secara fisik w terlihat beda!!!! beda bangett,,
tapi setelah w pindah dari cirebon k jogja,, w sering dikira cicik beneran,, lantaran mata w kecil, sipit, kaya cina,,yaolohhhh,, hahe,, padal kalo dijejerin m orang yang asli cina pasti jegleg banget dahh,,keliatan banget bedanya,,

banyak hal yang bisa kita pelajari juga dari orang Cina,, mereka itu pekerja keras!! ulet!! rajin!! makanya banyak orang cina yang sukses kalo wiraswasta,, 1 pelajaran yang bisa kita ambil kan,,
mungkin sekarang orang" keturunan itu bisa mulai bernapas lega,, karena hari besar mereka jadi hari libur nasional,,mereka mulai diakui,, dan gak diuber" kaya pemerintahan jaman dulu,,
kita juga harus bisa saling menghormati satu sama lain,, semuanya itu sama,,

w nulis kaya gini juga gada maksut rasis atau apa sih,, tapi yaa ini sedikit membuka mata w tentang mereka yang keturunan cina,, mungkin orang yang asli indo ngerasa orang cina itu sukanya menghina mereka ato apalah,, tapi kadang mereka pun ngerasa digituin,, jadi mending saling menghormati ajja lah masing",, toh kita sama" tinggal d bumi yang sama,, justru yang beda" gitu kan bikin jadi unik,,hehehehe,,
yaaaa gitu ajja sihh,, ini dibuat menurut sudut pandang w,, kalo ada yang salah yaa dimaafkan,,:)

akir kata,, Happy Chinese New Year everyone,, semoga lebih sukses,, lebih hoki,, lebih semuanya yaaaaaa,,
xin nian kuai le,, semoga bahagia selalu,, heheheh,,:)

1 comment:

pujiwijaya said...

gng xi .. gong xi .. juga de Ut.. :D